Saturday, July 11, 2015

Youtube menjadi trend bisnis baru

Dalam sebuah fanspage toko online sebuah toko online yang saya kelola, saya pernah menyapa member fanspage dengan pertanyaan, "Youtube atau TV?" mutlak semua member fanspage yang memberi komen, mereka memilih youtube maski ada kata jika "jelas pilih youtube kalo jaringan internet bagus". Bahkan Seorang pembicara pemilik SAM Design, Pak Tanadi Santoso dalam websitenya beliau juga mengatakan

Stasiun TV kesukaan saya adalah Youtube (Tanadi Santoso)

Alasanya sederhana kita bisa melihat tayangan apapun yang kita inginkan, bahkan acara televisi ulangan bisa kita nikmati di youtube. Petanyaan yang di ajukan di fanspage jelas yang jawab adalah para netizen. Mungkin akan beda kalo yang kita tanya ibu-ibu yang tidak kenal internet, mereka akan balik tanya Youtube itu apa??
Tapi sob yang ini saya bahas bukan masalah itu. Akan saya simpulkan terlebih dahulu mengenai Positioning Youtube.

Youtube sebagai alternatif media informasi dan hiburan
Bagi masyarakat youtube memiliki pengaruh kuat sebagai media hiburan dan informasi. Hampis semua kategori hiburan dan informasi bisa kita dapatkan di youtube, bahkan dari yang usang sampai Up to date.
TV ke Youtube & Youtube ke TV
Bagi beberapa orang untuk menikmati tayangan ulang sebuah acara TV mereka mengakses, dari youtube. Bahkan acara-acar TV tertentu menjadi salah satu program yang di Upload di Youtube, misal siaran ulang Moto GP, atau pertandingan bola. Dan sebaliknya tayangan youtube di jadikan sebagai sumber sebuah acara oleh stasiun TV.
Youtube Cara Mau Tenar Yang Paling Murah
Banyak orang menjadi terkenal gara-gara video yang di upload di youtube. Seperti Norman Kamaru, Jojo Sinta, Band Kufaku dll, baik populer karena banyak penggemar maupun sebaliknya menimbulkan kontroversi.

Namun yang menarik, youtube memberikan sebuah tawaran bisnis untuk para pengunggah video dengan program adsense atau iklan, hal ini menjadi sebuh peluang bagi mereka yang kreatif dalam membroadcase sebuah tayangan yang menarik. Bahkan beberapa diantara memulai bisnis Production House dengan memanfaatkan youtube.Mereka membuat berbagai program menarik dengan mengikuti program adsense atau pengiklan. Seperti sebuah produktion House Males Banget dengan salah satu program wisata yang cukup populer Jalan-jalan men sebuah tayangan wisata yang anti maintream, dengan mengekspose
keindahan Indonesia, awalnya hanya sebuah program tayangan youtube namun jalan-jalan men berhasil dilirik oleh Global TV. Bukan hanya itu sebuah tayanga tentang review game atau tutorial menjadi ladang bisnis bagi beberapa orang kreatif.
Buat sahabat blogger yang berminat berbisnis dengan sebuah program youtubemulai pikirkan ide, dari yang sederhana dulu untuk memulianya.


No comments:

Post a Comment