Tuesday, July 7, 2015

Sejarah Pulau Komodo seperti Baca Novel Harryporter

Selama ini saya mengenal pulau komodo hanya sebatas sebuah pulau yang terdapat binatang purba yaitu Komodo yaitu kadal dengan ukuran jumbo. Bahkan mungkin yang anda ketahui mengenai pulau Komodo sama dengan yang saya ketahui. (kita sama). Sahabat blogger setelah saya membaca tentang sejarah pulau komodo sendiri saya kagum dan makin tahu kenapa pemerintah harus mempertahankan dan terus melestarikan Komodo bersama pulaunya.




SEJARAH PULAU KOMODO
Konon banyak beredar cerita tentang pulau naga, yaitu sebuah pulau yang dihuni oleh para naga yang berukuran besar dan bisa menyemburkan api. Berberapa berita menceritakan bahwa siapapun yang mendatangi pulau tersebut tidak akan selamat. Pada tahun 1910 cerita ini mulai terdengan oleh satuan armada pasukan belanda yang bermarkas di Flores. Letnan Steyn van HensBroek ingin membuktikan mengenai berita
tersebut, dia mempersiapkan beberap pasukan dengan persenjataan lengkap uantuk berangkat menuju sebuah pulau yang berada di sisi selatan Nusa Tenggara Timur. Mereka pun berangkat mengirim pasukan untuk membuktikan kebenaran mengenai berita mengenai Naga yang panjangnya mencapai 7 meter.
Pasukan Terlatih yang dipersenjatai pimpinan Letnan Steyn van Hens Broek pun berhasil mendarat di pulau misterius tersebut, dan pembuktian mereka pun membuahkan hasil mereka melihat beberapa ekor binatang kadal raksasa dengan ukuran besar dan lidahnya menjulur seperti api. Akhirnya mereka menangkap seekor kadal raksasa tersebut yang disebutkan sebagai naga untuk di Dokumentasi namun yang mereka tangkap panjangnya tidak mencapai 7 bahkan 5 meter seperti yang diceritakan oleh masyarakat. Mereka hanya menemukan Kadal dengan ukuran 2,1 meter pada waktu itu. Meski tidak persisi dengan cerita yang beredar pasukan Letnan Steyn berhasil membuktikan dan menemukan sebuah venomena baru yaitu spesies langka yang selama ini hampir punah.

Seandainya cerita itu tidak pernah dibuktikan kita tidak akan pernah sadar mengenai aset berharga Indonesia, yaitu sebuah pulau yang indah dan terdapat spesies langka. Yang sempat menjadi legenda di tanah flores. Indonesia memang kaya dengan sejarah, itu baru misteri pulau komodo, masih ada lagi penemuan sebuah situs raksasa yang sekarang kita kenal sebagai Borobudur.  




No comments:

Post a Comment